Panduan Lengkap SEO 2020

Ada berbagai tips SEO yang bisa kamu gali dari berbagai sumber. Tapi, apakah semuanya bisa seperti panduan lengkap SEO yang satu ini? Sebab pada dasarnya, tips SEO yang ada harus terus berkembang mengikuti zaman dan pembaruan mesin pencari semacam Google. Inilah alasan mengapa pakar SEO terus menguji berbagai hipotesis mereka demi mencapai peringkat tinggi di Google SERP (Search Engine Result Page). Kamu juga bisa mempelajarinya melalui panduan lengkap SEO 2020 berikut ini.

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization adalah proses yang dilakukan untuk mengoptimasi halaman atau website-mu secara keseluruhan bagi mesin pencari. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau kamu berhasil mencapai peringkat tinggi. Salah satunya adalah kenaikan jumlah pengunjung website, karena para pengguna mesin pencari secara otomatis akan mengklik link teratas, karena Google akan menampilkan hasil yang paling sesuai dengan kata kunci yang dicari.

Ketika website-mu mulai mengalami peningkatan traffic, keuntungan yang akan didapat juga akan semakin bertambah. Terlebih, jika tujuanmu membuat website adalah untuk mendukung bisnis ecommerce atau menciptakan profil bisnis secara online. Jika pengunjung website-mu tertarik dengan produk yang kamu tawarkan, tidak menutup kemungkinan tindakan view article dalam website-mu bisa berubah menjadi view invoice alias pembelian.

Jadi, setelah mengetahui definisi dan keuntungan menggunakan SEO, mengapa tidak memulainya dari sekarang? Baca terlebih dulu panduan lengkap SEO berikut!

RankBrain dari Google

Ini adalah bagian dari panduan lengkap SEO yang hendak kamu pelajari. Bukan tanpa alasan, sebaiknya kamu terlebih dulu memahami tentang RankBrain. Pasalnya, RankBrain adalah alat yang digunakan Google untuk menentukan apakah sebuah link pantas masuk ke peringkat atas.

Agar tidak dicurangi oleh berbagai pihak, Google mengakui bahwa mereka memperbarui sistem pencarian secara acak di waktu yang tidak menentu agar tidak banyak yang mengetahui bagaimana cara kerja algoritma mesin pencari Google. Salah satunya adalah algoritma RankBrain yang mulai digunakan oleh Google sejak 2016. Secara teknis, RankBrain adalah sebuah algoritma, tapi jenis algoritma yang satu ini akan terus berubah dan berevolusi karena mempunyai fungsi artificial intelligence (AI).

Berdasarkan pernyataan yang diutarakan pihak Google melalui Twitter pada Maret 2019, RankBrain merupakan sistem berbasis AI yang diciptakan untuk memahami bagaimana hasil pencarian berkaitan dengan konsep tertentu. Jadi, meskipun kamu tidak menggunakan kata kunci yang tepat, Google dapat memperkirakan apa yang sebenarnya sedang kamu butuhkan. Contohnya, ketika kamu mencari “why does my TV looks strange,” hasil yang muncul di halaman utama adalah tentang “soap opera effect,” karena meskipun tidak mempunyai kata kunci yang sama persis, tapi kedua kata kunci tersebut mempunyai satu konsep yang sama, yaitu kejanggalan tampilan pada televisi yang disebabkan oleh efek opera sabun.

Melalui wawancara bersama Bloomberg, pihak Google menyatakan bahwa RankBrain merupakan faktor terpenting ketiga yang memengaruhi hasil pencarian pada mesin pencari Google. Bagaimana tidak, RankBrain dapat membantu Google menyesuaikan kata kunci dengan konsep yang dimaksud dan penyocokan dengan teknologi AI juga membantu Google melakukan pencarian yang semakin mirip dengan apa yang dicari.

RankBrain fokus ke dua hal penting berikut:

  1. Seberapa lama seorang pengunjung menghabiskan waktu di halamanmu.
  2. Berapa persentase pengguna yang mengklik link website-mu pada halaman hasil pencarian.

Dari dua hal di atas, kita akan membahasnya satu per satu agar kamu memahami jenis optimasi apa yang bisa diterapkan ketika mempelajari panduan lengkap SEO di bawah ini.

Aspek pertama soal waktu disebut dengan Dwell Time atau lamanya pengguna menghabiskan waktu di website-mu. Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh Search Engine Land, Dwell Time rata-rata yang bagus agar masuk ke 10 besar hasil pencarian Google adalah 3 menit 10 detik lamanya. Bila tidak percaya, coba tinjau dari Google Analytics-mu.

Sebenarnya, Dwell Time sangat masuk akal untuk dijadikan faktor penentuan peringkat website. Alasannya, jika pengguna internet menghabiskan cukup banyak waktu di halaman tertentu pada website-mu, maka pengguna itu menyukai konten yang sedang dibacanya. Nah, semakin banyak orang yang melakukan hal sama di halaman website-mu, maka Google akan menaikkan peringkat halaman tersebut sehingga dapat lebih mudah dicari oleh pengguna lain.

Jadi bagaimana membuat pengunjung betah di website-mu? Hal pertama tentunya adalah pastikan halaman website-mu dapat ditampilkan dengan cepat. Jika tidak, pengunjung website akan segera keluar dari halaman tersebut. Sebenarnya, kalau kamu menggunakan hosting murah tapi bagus, kamu bisa menjamin kecepatan loading page pada website-mu. Selain itu, kalau website-mu menerima banyak kunjungan, kamu bisa terhindar dari melambatnya loading page.

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah konten. Tentu saja kamu perlu membuat konten yang menarik dan berkualitas. Hal ini akan dibahas di bagian berikutnya dalam panduan lengkap SEO ini. Tapi sebelumnya, simak pembahasan mengenai aspek kedua dari RankBrain, yaitu click-through-rate!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *